Saturday, April 17, 2010

"BEKPEKING" KE LOMBOK (BAG 2) - KUTA



Pukul 8, si Herman yang sedang  "bergrasak-grusuk" ria resmi membangunkan  tidur pulas saya pagi ini. Teman saya ini memang lebih jago bangun pagi daripada saya. Saya adalah  tipe orang sangat susah bangun pagi,..bawaan orok men! Setelah membuka mata saya juga tidak langsung bangun, jujur mata ini masih terasa sangat berat. Saya memilih bermalas-malasan dulu, sedangkan si Herman sudah dari tadi selesai mandi dan “peking  untuk perjalanan kami hari ini.  Saya  baru beranjak ke kamar mandi 15 menit kemudian. 
               
Sarapan hari ini adalah roti panggang, tapi sepertinya ini sudah cukup untuk mengganjal perut hingga jam makan siang tiba. Kami berencana akan meng-ekplorasi Lombok Selatan hari ini, dan sama sekali belum terpikir dalam benak saya jauh perjalanan yang akan kami tempuh. Saya hanya berfikir, yah kami akan ke Lombok selatan hari ini.

Setelah sarapan, kami mengambil tas kami masing-masing dan check out dari Puri Senggigi Hotel kurang lebih jam 9, kemudian menuju kota  Mataram dan kemudian ke Praya. Karena kami sudah resmi check-out, otomoatis tidak ada lagi barang yang ditinggalkan di hotel. Cuaca pagi ini cerah, hati masih ceria dan badan masih segar, baru abis mandi coy! Belum ada yang namanya punggung pegel dan pantat “ kram” karena kelamaan duduk di jok motor . 

Nah, tidak banyak yang tahu – termasuk saya – jika di Lombok ada yang namanya “Kuta/Kute” atau “pantai Kuta”. Dahulu saya berfikir jika Kuta hanya ada di Bali dan sekarang saya salah. Jika bukan teman saya yang memberitahu, maka saya  juga tidak akan pernah tahu hehe. Mereka bilang, pasir pantai Kuta di Lombok lebih bagus,lebih putih.lebih “perawan” daripada pantai Kuta di Bali. Oh ya? Saya hanya ingin memastikan kebenarannya. 

Pantai Kuta terletak di selatan Lombok, sekitar 50 kilo dari kota Mataram, dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Waktu tempuh paling cepat 1 jam , atau paling lambat 2 jam.  
RUTE KE KUTA
 Kuta adalah tempat favorit “surfers”, banyak turis berbondong-bondong kesini untuk merasakan “nikmat” ombaknya. Sayang sekali kami bukan surfer saudara-saudara. Bukan apanya,  kalo kami surfer, papan selancar kami mau ditaruh dimanaaaa?????.  Ada 5 pantai lagi diarea Kuta yang tidak kalah bagus dan cantiknya (kata orang) yaitu : Pantai Seger, Pantai Tanjung A’an, Pantai Mawun, Pantai Mawi dan Pantai Selong belanak,but UNLUCKY dalam episode ini kami tidak kesana,we were stucked at Kuta beach!!. Kasihan L!!

Perjalanan ke pantai Kuta - buat saya - tidak terlalu berkesan dan menyenangkan. You see only villages dan selebihnya tidak ada yang menarik untuk dilihat atau sekedar di “jepret”. Semuanya terlihat tandus dan kering. Hanya ada dua kemungkinan, benar-benar tidak ada yang bisa dilihat atau kami yang tidak tahu tempatnya. Ah whateverlah..yang jelas yang saya rasakan hanya pegal dan sakit di pantat karena sudah lebih sejam duduk di motor bersama ransel 5 liter di punggung.

Kami tiba di daerah Kuta , setelah  kurang lebih 2 jam  perjalanan, berhubung ada acara “nyasar” dikit.  Cuaca saat itu sangat panas. Kami langsung menuju ke pantai untuk melihat seperti apa rupa pantai Kuta ini. Dan here it is …..


 
First impression, not really WOW!!!...there were no single tourists lying on the white sand beach, nobody swim, there was nothing except the beach alone. Pantainya memang masih sangat “perawan”, namun saya  pribadi tidak merasakan  daya tarik untuk berenang disini. Pantainya sedikit berkarang dan ditumbuhi banyak rumput laut. Tidak seperti perkiraan dan bayangan saya sebelumnya. Dalam kasus ini, saya masih lebih memilih Kuta di Bali as the best beach to bath. Dan sepertinya ditempat kami berdiri sekarang bukanlah surfing spot. Tempat surfing ternyata terletak kurang lebih 20 menit lagi dari tempat kami berdiri sekarang, ke pesisir selatan yaitu di pantai guling.

Dengan pernyataan diatas, bukan  berarti saya tidak suka, honestly pemandangan pantai disini memang sangat indah. Bukit hijau,batu karang hitam dan biru laut adalah perpaduan sempurna untuk difoto. 
Lagi hunting kepiting
Kami sempat berencana untuk menginap , akan tetapi sesuatu dan lain hal kami membatalkannya. Kami juga sempat melakukan riset hotel-hotel budget dan ternyata ada banyak disini. Beberapa diantaranya :

1.   SURFER INN  -
Harga kamar berkisar Rp 100,000 sampai Rp. 250,000** per malam

2.   MATAHARI INN (0370-655000)
Harga kamar berkisar Rp. 100,000 sampai Rp.200,000** per malam

3.   KEN’S HOTEL Jalan Raya Kuta 9x, Lombok, 83355 Kuta 
Harga kamar berkisar Rp. 100,000 sampai 350,000** per malam

4.   TASTURA INN Jalan Raya Pantai Kuta - Lombok, 83562 Kuta
Harga kamar berkisar Rp. 250,000** per malam

**harga diatas adalah kisaran harga yang kami riset tahun 2010, mohon melakukan pengecekan lagi sebelum melakukan booking, bisa melalui online travel agent seperti  Agoda atau Booking.com. Satu-satunya hotel bintang empat disini adalah Novotel Carolia Lombok  dengan total kamar sekitar 102 unit (Superior,Deluxe, Villa).

Setelah puas menikmati Kuta, kami akhirnya kembali ke Senggigi. What??kami kan baru check out tadi pagi!!! Nah, ini adalah buah dari “perjalanan tanpa perencanaan yang matang” – don’t try this at home! – Sebenarnya , andai saja kami merencanakan untuk kembali ke Senggigi , kami tidak perlu membawa barang-barang berat ini ke Kuta,kami ga perlu check out ,simpan saja barang-barang  di hotel, kan enak, ga capek ,tiba di Senggigi tinggal istirahat! Tapi apa daya,, kami harus kembali ke Senggigi dan mencari hotel lagi. 

Menjelang sunset, kami tiba di Senggigi dan check in di NEW MOON HOTEL (0370-693785) email : bulanbaru@hotmail.com. Harga kamar Rp. 250,000,- net per kamar per malam (2010) termasuk sarapan, tersedia juga kolam renang. Jika ingin menginap disana, mohon mengecek harga terlebih dahulu.

NEW MOON HOTEL
Jika anda ingin menikmati sunset, maka pantai senggigi-lah tempat yang pas. Kami menyempatkan diri menikmati sunset sebelum makan malam dan beristirahat.
ALMOST BLACK BUT STILL I CAN SEE THE ORANGE PART
Tour today is called “a very long, a very tiring and a very not impressed tour “!













No comments:

Post a Comment

Bagaimana pendapat anda tentang postingan ini?

ONE DAY TRIP - NUSA PENIDA

Saturday, 17th Jun 2017 Setelah sekian lama 'blog' ini mati suri akhirnya 'mood'datang juga untuk melanjutkan cora...