Wednesday, July 30, 2014

JALAN-JALAN KE NEGARA TETANGGA - SINGAPURA (BAGIAN 2)

8 Feb 2014

“bip..bip..bip…bip…bip” bunyi alarm yang panjang membangunkan saya tepat pukul 6 pagi ini, diluar gerimis sejak subuh menambah  dingin suasana,”..semoga cuaca baik-baik saja untuk penerbangan kami hari ini,,” doaku.  Setelah merenggangkan badan sedikit, saya segera bergegas melanjutkan packing yang masih belum kelar dari semalam.

Setelah baju baju ganti dan berbagai macam perlengkapan selesai dipeking ke dalam tas ransel, saya segera menuju kamar mandi untuk membersihkan diri sebelum menjemput Ance dan Melisa  dan kemudian meluncur ke bandara. Untuk liburan selama hanya 3 hari 2 malam saja ,saya hanya membawa  tiga kaos, satu jins, satu celana pendek dan perlengkapan mandi I think that’s enough! Waktu menunjukkan pukul 07.00  ketika kami meluncur  ke bandara ditengah hujan lebat. Well, normally untuk penerbangan Internasional check in diharuskan paling lambat 2 jam sebelum penerbangan, but for this case, kami sudah melakukan web check in.

Sesampai di Bandara Internasional kebanggan Bali - Ngurah Rai, kami segera bergegas menuju ruang keberangkatan Internasional, tanpa basa basi langsung menuju counter PJP2U untuk  membayar Airport Tax sebesar Rp 150,000 per orang untuk penerbangan AirAsia tujuan Singapura. Setelah itu lanjut  ke bagian ke –imigrasi-an untuk pengecekan dokumen perjalanan. Proses ditutup dengan stempel pada halaman paspor sebagai tanda bahwa hari ini 8 FEB 2014 si pemegang paspor akan meninggalkan wilayah Indonesia melalui Ngurah Rai.

stamp on passport

Beberapa menit berikutnya , kami sudah  mendudukkan pantat di ruang tunggu GATE 4 untuk penerbangan Air Asia QZ8496 tujuan Singapura pada jam 0915 nanti. Jam tanganku  menunjukkan pukul 0800. Diluar , suasana masih sedikit mendung berawan.

Suara announcer dari ruang informasi seolah-olah jadi wake-up call bagi calon penumpang. Sebelum si announcer selesai dengan informasinya , para calon penumpang sudah berebutan boarding. Antrean 2 baris pun terbentuk , masing –masing penumpang menggenggam paspor dan boarding pass ditangan. Yeah…Singapore I’m coming to you, now! I whispered.

Cuaca pagi ini masih  tetap mendung,  hujan deras tadi pagi menyisakan gerimis yang terlihat jelas dari jendela pesawat. Waktu menunjuk pukul 0900 tapi belum ada tanda tanda pesawat beranjak. Dan benar saja, jam sedikit molor dari jadwal sekitar 15 menit.

Akhirnya, yang ditunggu-tunggu pun terjadilah, pukul 0930 , pesawat mulai ber-ancang ancang untuk  take-off dan segera bertolak ke Singapura denga lama penerbangan 2 jam 40 menit. Saya menghabiskan waktu dengan membaca buku EAT,PRAY,LOVE punya si Elizabeth Gilbert sambil sesekali berbicang dengan Ance dan Melisa.

Setelah 2 jam 45 menit pernerbangan ditempuh tanpa hambatan sedikit pun (puji Tuhan), pesawat kami landing dengan selamat pada pukul 1150 di Changi International Airport. Maka resmilah sudah…Ini adalah untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di negara di luar Indonesia hehe #norak. “WELCOME TO SINGAPORE ” gumamku dalam hati sambil melangkah keluar melewati garbarata menuju Terminal Kedatangan (Terminal 1).So..this is Singapore? Saya kembali bergumam dalam hati sambil celingak celinguk. Yeah…I am in Singapore! Sori permirsa ekspresinya  agak norak dikit.

First impression tak lain dan tak bukan adalah penampakan CHANGI INTERNATIONAL AIRPORT kebanggaan rakyat Singapura. Bagaimana tidak kagum dan terkesan men, Bandara Changi telah mengantongi kurang lebih 450 penghargaan dalam berbagai kategori. Beberapa kategori TERBAIK diantaranya yaitu : memenangkan BEST AIRPORT IN THE WORLD versi Bussiness Traveller Magz 20 kali berturut-turut sejak tahun 1993-2013 (UK), plus 7 kali memenangkan penghargaan WORLD’S BEST AIRPORT versi Travel+ Leisure magz yang berbasis di US sejak 2007 -2013. Jadi sangat wajarlah ya kalo saya kagum. Sesaat kemudian kami telah tiba di Terminal kedatangan (Terminal 1) dan saya masih belum bisa menyembunyikan kekaguman saya terhadap bandara keren ini.  Sebagian besar lantai di bandara ini berkarpet, bersih dan sangat sangat nyaman. 

Pas lagi asik-asiknya mengagumi Changi, tiba- tiba si Ance dan Melisa mengagetkan saya.
“Ayo kak” …
 “Sekarang kita kemana..?”
“Cari Wendy..” Ance menjawab sambil kami melangkah menuju eskalator menuju imigrasi di lantai 1.

Immigration Counter Terminal I 

Wendy berangkat dari Jogjakarta dengan Tiger Airways ex Mandala. Waktu berangkatnya hampir bersamaan yaitu sekitar pkl 08.00 WIB, jadi asumsinya si Wendy sudah nyampai duluan. Eh, benar saja setelah kami cek , si Wendy sudah menunggu di luar.

Setelah Imigrasi dilalui, kami segera menemui Wendy.  Setelah pertemuan yang mengharukan selesai, kami segera memutar otak untuk mengeksekusi itinerary. Sesaat otak saya blank. Tiba-tiba berbagai jenis pertanyaan muncul entah kenapa sesaat saya tidak bisa menjawab : What to do now??, where to go??  to what direction should we go?? Where to buy EZ lInk?? Where is MRT Station?? Where to eat??

Itinerary yang sudah saya buat sesaat tidak berguna. Ini sepertinya masih sindrom kegirangan baru pertama nginjak Singapura dehhh… Setelah menenangkan fikiran sebentar, baru deh saya bisa berfikir. Saya segera mengeluarkan itinerary, membaca dengan seksama kemudian otak saya baru bisa menjabarkan what to do next !!  BINGGO!!! Sekarang  kami berada di Terminal 1 , so jika kami ingin ke pusat kota dengan MRT atau bus  kami harus ke Terminal 2. Kami pun bergegas menuju Terminal 2 dengan Sky Train.  Sesampai di Terminal 2 , kami segera menuju basement untuk membeli tiket EZ Link. That is the first thing to do!  

"kartu EZ-link sebagai alat pembayaran transportasi umum di Singapura"

Harga EZ-Link Card tanggal 8 FEB 2014 adalah SIN$12 dimana $5 sebagai non refundable card cost + $7 sebagai card value. Kartu ini akan menjadi alat pembayaran untuk transportasi dengan MRT atau Bus selama di Singapura, Kita juga dapat mengisi ulang (topping) nilai kartu minimum $10 di mesin-mesin tiket di setiap stasiun MRT.


Setelah semua memegang EZlink Card di tangan, waktunya boarding MRT dengan tujuan akhir Bedok (Bus Station)…..

Sampai disini dulu untuk PART 2, see you on PART 3…

No comments:

Post a Comment

Bagaimana pendapat anda tentang postingan ini?

ONE DAY TRIP - NUSA PENIDA

Saturday, 17th Jun 2017 Setelah sekian lama 'blog' ini mati suri akhirnya 'mood'datang juga untuk melanjutkan cora...