Monday, March 2, 2015

AKHIRNYA MEMBELI "DOMAIN".....

Jerijourneys.com - Hari ini Senin, 2 Maret 2015, adalah hari bersejarah bagi blog kesayangan “jerijourneys.blogspot.com” yang sebelumnya menggunakan embel-embel “blogspot” kini berganti menjadi (dot)com…yayy *potong kambing*!!Yap, proudly present: www.jerijourneys.com  #pentingyah? Ya pentinglah.

Proses memikirkan, mencari, bahkan kemudian berani memutuskan untuk membeli sebuah domain ini dimulai dengan pertanyaan sederhana “koq bisa ya blog  si A ,si B pake (dot) com?” “Gimana caranye?”. Dari pertanyaan “sederhana” ini timbul tindakan “sederhana” yaitu mulai mengetik di google search secara perlahan “cara mengganti blogspot menjadi com” sebuah keyword yang menunjukkan bahwa si pencari adalah seorang amatir kelas kakap. Setelah tombol detonate ENTER ditekan,  muncul lah ribuan entry yang terkait dengan si keyword, kemudian diklik dan mulai dipilih artikel yang cocok. Pada klik-kan kesekian, kursor berhenti disusul mulut mulai komat-kamit baca mantra , mata tak berkedip di salah satu artikel yang mengulas secara detil mengenai “proses membeli dan setting domain”. Nah , disini baru deh mulai manggut-manggut , ternyata istilah abcd(dot)com ,efgh(dot)net, ijklm(dot)org dan sejenisnya itu disebut DOMAIN. Tetapi dikarena saya bukan Web-Designer jadi agak tabu rasanya menuliskan defenisi Domain disini karena saya pun tidak begitu faham…… *buru-buru kabur sebelum ditimpuk sendal kayu buatan Jepang*

Dari artikel ini pula saya diarahkan menuju sebuah website web-hosting milik anak negeri, perkenalkan IDWEBHOST.COM  yang dapat memenuhi semua keperluan anda dalam hal pengelolaan website “domain,hosting” ato apalah. Recommended!

Setelah tahap pertama (diatas) selesai, tahap kedua tidak serta merta langsung membeli produk IDWEBHOST , malah saya mengetik keyword yang lain di google “keuntungan jika punya domain sendiri” – benar benar amatirrr. Setelah membaca artikel-artikel dari para blogger, saya akhirnya terkesan dengan satu artikel di www.blogodolar.com  yang membahas tentang keuntungan punya domain sendiri, disitu saya mulai sedih bimbang antara mempertahankan “blogspot(dot)com” atau membeli  (dot)com. Sok dramatis.

Tahap ketiga, keputusan membeli sudah 70% masih ada keraguan sebesar 30%. Saya kembali membuka IDWEBHOST sambil menimbang-nimbang. Akhirnya, diputuskan : BELI. Kemudian saya mengikuti prosedur beli domain jerijourneys(dot)com yang kebetulan tersedia senilai IDR 95.000 per tahun, kemudian menerima invoice dan membayar melalui bank transfer. Setelah 24 jam,saya mendapatkan email konfirmasi bahwa domain saya telah aktif. SELESAI. Kalau boleh jujur,sebenarnya inti daripada keputusan ini lebih didasari keinginan untuk mendapatkan "pendapatan" dari blog , atau istilah kerennya "monitize blog", tapi ini masih dalam tahap percobaan dan berharap seiring berjalan waktu, bisa sesuai dengan harapan. Amin.

Tahap setting webserver dan DNS segala macam dapat kita lakukan sendiri.Buktinya saya sukses melakukannya sendiri. Ini juga berkat para jenius diluar sana yang mau sharing pengetahuannya lewat artikel-artikel mereka di blog. Those are really helpful guys, thank you so much!! HAIL!


Jadi bagi teman-teman yang punya blog dan masih menggunakan FREE Domain, tidak ada salahnya dicoba membeli domain sendiri. Adapun keuntungannya dapat nanya sama om Google. Tapi yang pasti punya domain sendiri akan keliatan lebih keren dan professional. Punya domain sendiri otomatis ada resikonya,resikonya ya saya harus banyakin postingan biar gak rugi bayar haha..

No comments:

Post a Comment

Bagaimana pendapat anda tentang postingan ini?

ONE DAY TRIP - NUSA PENIDA

Saturday, 17th Jun 2017 Setelah sekian lama 'blog' ini mati suri akhirnya 'mood'datang juga untuk melanjutkan cora...