Tuesday, March 10, 2015

5 TUJUAN WISATA ZIARAH WAJIB BAGI KRISTIANI BAG 1: MESIR


Jerijourneys.com - Wisata ziarah atau 
pilgrimage tourism adalah wisata atau traveling yang dilakukan individu atau kelompok untuk tujuan ziarah atau untuk menjalankan bagian dari kepercayaan spiritual atau agamanya, untuk misionari, atau untuk kesenangan spiritual. Adapula yang disebut dengan Wisata Sekular (Secularism Toursim) yakni wisata ziarah yang bukan berdasarkan motif agama atau kepercayaan adat, tetapi karena latar belakang ikatan spiritual, kekaguman, dan popularisme.  (Tempo.co).

Jika suatu saat nanti saya punya duit, berikut saya sudah me-list negara maupun tempat yang akan saya kunjungi (semoga terwujud) tentu saja untuk tujuan Ziarah , ya menapak tilas istilahnya.

Saya belum pernah ketempat-tempat ini, jadi informasi-informasi yang terangkum disini adalah hasil riset sendiri melalui berbagai sumber dari internet. Jika teman-teman sudah pernah kesana, mohon jangan ragu untuk sharing jika ada informasi yang kurang.

Kita mulai saja……..

MESIR ( Tall El-Dab’a , Saqqara, Saheil Island )

Mesir , sebuah negara dengan sejarah dan peradaban yang menakjubkan dengan landmark Piramida yang menawan penuh misteri. Alexandria, Cairo, Mephis, Rameses adalah beberapa kota di Mesir yang banyak disebut dalam sejarah dan menjadi saksi kejayaan Mesir jaman dahulu kala.

Berbicara mengenai wisata ziarah (pilgrimage tour) , tidak perlu bertanya-tanya lagi kenapa Mesir masuk kedalam daftar “tujuan wisata ziarah” baik bagi kaum Nasrani maupun Muslim . Salah satu event terbesar dan popular dalam sejarah dunia adalah “the exodus” , sebuah peristiwa besar dimana bangsa Israel dibebaskan (Allah) dari perbudakan kemudian meninggalkan Mesir untuk pulang ke kampung halaman mereka, yaitu tanah Kanaan (sekarang wilayah Lebanon, Suriah,Yordania dan Israel).

Sekenario pembebasan umat Israel , bermula dari seorang pemuda Ibrani bernama  Yusuf yang dijual ke Mesir sebagi budak kemudian atas kuasa dan penyertaan Allah, Yusuf memperoleh hati majikannya (Pothipar – pegawai Firaun)  sehingga dipercayakan segala sesuatu kepadanya. Sampai akhirnya, Yusuf difitnah oleh istri Pothipar dan dijebloskan ke penjara (Kejadian 39).

Karena keahliannya menfsirkan mimpi , Yusuf akhirnya diangkat oleh Firaun sebagai orang kepercayaan (vizier of Pharaoh) setelah berhasil menafsirkan mimpi Firaun dan menyelamatkan Mesir dari bencana “7 tahun kelaparan” (Famine). Atas saran dari Yusuf, raja Firaun kemudian membuat lumbung (grain silo)  untuk menyimpan persedian makanan selama masa kelimpahan 7 tahun, sehingga ketika masa 7 tahun kelaparan tiba, Mesir terhindar dari kelaparan. Kisah lengkap tentang Yusuf dan bangsa Israel di Mesir dapat dibaca dalam Kejadian pasal 37-50. Atas jasa-jasa Yusuf, Firaun memberi kuasa kepada Yusuf untuk mengontrol dan mempercayakan kepadanya seluruh wilayah Mesir.

Setelah menjadi orang kepercayaan Firaun, Yusuf meminta ijin kepada Firaun untuk mengajak serta keluarganya dari Kanaan untuk tinggal di Mesir. Firaun memberi mereka sebuah tanah yang subur di Goshen (Kejadian 39) . Situs arkeologi ditemukan di Tel El Dab’a yang berlokasi sekitar 100 km dari Ibu Kota Kairo, 1 km sebelah selatan  Rushdi, 3 km sebelah barat As Samanah, 6 km sebelah utara Farkous dan 45 km sebelah barat Terusan Suez.Pada masa pemerintahan Dinasti ke-14 hingga abad ke 18 SM, nama Goshen berubah menjadi Avaris (sumber: Bietak 1996: 40). Pada periode kekuasaan Hykos, kota itu kembali berganti nama menjadi Rameses.





Cerita tentang keberadaan bangsa Israel di Mesir bukanlah isapan jempol belaka, arkeolog dan ahli sejarah berlomba-lomba melakukan penggalian demi menemukan bukti baik berupa peninggalan-peninggalan benda maupun tulisan. Berikut adalah beberapa temuan arkeolog yang mampu mendukung cerita Alkitab tentang Yusuf dan keberadaan bangsa Israel selama 430 tahun di Mesir.

a.  LUMBUNG (Grain Silo(s))

Ditemukan banyak Lumbung (grain silo) di beberbagai tempat di Mesir dan diperkirakan dibangun pada Dinasti ke-3 yaitu pada masa kekuasaan Firaun Djoser (Pharaoh Djoser) tahun 1885 SM. Salah satunya adalah lumbung yang ditemukan di Piramida Berundak di Saqqara dipercaya sebagai lumbung pertama yang dibuat oleh Yusuf,dengan cara membangun sebuah terowongan vertikal didalam piramida yang terbuat dari batu bata lumpur (mudbricks) yang kemudian dijadikan juga sebagi tempat menyimpan jasad Firaun Djoser.  
 
Kompleks Piramida berundak di Saqqara


Beberapa Lumbung yang ditemukan di Mesir
b. FAMINE STELA
Ditemukan “Famine Stele” atau batu tulis  di Pulau Saheil , Mesir yang menceritakan tentang tujuh tahun kekeringan dan kelaparan di Mesir pada masa Firaun Djoser . Juga diceritakan bahwa Imhoteb adalah orang yang berjasa menyelamatkan Mesir dan menafsirkan mimpi Firaun. Berdasarkan informasi dari batu tulis ini ,para ahli sejarah menyimpulkan bahwa kemungkinan besar  Imhoteb adalah Yusuf.

Famine Stele yang ditemukan di Pulau Saheil 

c.  PEMAKAMAN IBRANI DAN VILLA

Ditemukan sebuah villa  yang berukuran 10x12 meter yang dipercaya oleh arkeolog dan ahli sejarah merupakan tempat tinggal Yusuf, dimana model,floor plan dan desain interior villa tersebut (1 rumah dengan 4 kamar)  sangat identik dengan model rumah orang-orang Palestina/Israel pada jaman besi (Iron Age)  (Holladay 1992a) . Jika itu adalah kediaman Yusuf, maka dapat disimpulkan bahwa areal sekitar villa adalah merupakan rumah saudara-saudaranya juga (pemukiman Ibrani). Pernyataan ini didukung oleh penemuan tembikar (pottery) di area pemukiman yang hampir 20% adalah tembikar model Palestina pada zaman perunggu pertengahan (Mid Bronze Age). Dibagian selatan Villa adalah sebuah areal pemakaman yang dibangun dengan model makam Mesir namun gaya pemakaman Palestina. 50% kuburan laki-laki masih mempunyai senjata model Palestina didalamnya. Secara umum, orang-orang Palestina mengubur jasad bersama dengan senjata mereka.


Referensi :


 BERSAMBUNG...............

No comments:

Post a Comment

Bagaimana pendapat anda tentang postingan ini?

ONE DAY TRIP - NUSA PENIDA

Saturday, 17th Jun 2017 Setelah sekian lama 'blog' ini mati suri akhirnya 'mood'datang juga untuk melanjutkan cora...